Saturday, October 21, 2017

RPP SMP Kelas 7 " menanyakan nama dan jumlah benda "



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                :    SMP NEGERI  KEDIRI
Kelas/Semester                       :    VII /1
Mata Pelajaran                      :    Bahasa Inggris
Materi Pokok                         :  Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
Topik                                      :   Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
Alokasi Waktu                       :     2  x  40 menit (2JP)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.     Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni , budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, menggurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percayadiri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksioanl dengan guru dan teman.
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.6 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan sangat pendek dan sederhana , dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.    INDIKATOR
                         
1.      Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku percaya diri, dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Siswa dapat membaca dan memahami tentang nama dan jumlah benda dengan baik.        
4.      Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri nama dan jumlah benda dengan tepat dan benar.
5.      Siswa dapat membuat teks tulis sederhana yang mengungkapkan tentang nama dan jumlah benda dengan benar.
6.      Siswa dapat menggunakan nama dan jumlah benda dengan akurat dan lancar dalam kehidupan sehari-hari.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
  
1.      Setelah diberi pemahaman tentang nama dan jumlah benda, siswa jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan ungkapan memaparkan jati diri dalam keluarga dan orang lain.
2.      Setelah diberi pemahaman tentang nama dan jumlah benda, siswa bertanggung jawab dalam mengungkapkan nama dan jumlah benda dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Setelah diberi pemahaman tentang nama dan jumlah benda, siswa dapat  mengidentifikasi ciri-ciri nama dan jumlah benda.
4.      Setelah diberi pemahaman tentang nama dan jumlah benda, siswa dapat  membuat teks tulis sederhana tentang nama dan jumlah benda.
5.      Setelah diberi pemahaman tentang nama dan jumlah benda, siswa dapat menggunakan nama dan jumlah benda dalam konteks kehidupan sehari-hari.

E.       MATERI AJAR
Pertemuan ke sembilan

1.      Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi.

2.      Strukstur teks
(Ungkapan hafalan tidak perlu dijelaskan tata bahasanya).
-       What is it?...
-       Are they your toys?.....
-       Which one is your book?.....
3.      Unsur Kebahasaan
1.      Nama benda disekitar rumah dan  sekolah siswa.
2.      Kata tanya What? Which one? How many?.... dan sebagainya.
3.      Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
4.      Kata ganti it, they, this, that, those, these dan seterusnya.
5.      Ungkapan there is/ are…, are there?.. dan seterusnya.
6.      Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dengan simple present tense: be, have, go, play dan seterusnya.
7.      Ucapan, tekanan, kata, intonasi, ejaan dan sebagainya.

F.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan  Ilmiah (scientific approach)
 ( Mengamati, menanya, mencoba , menalar ,membentuk  jejaring)
2.      Model          : PBL
3.      Metode        : Menjelaskan,  Tanya jawab, diskusi.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke sembilan
Kegiatan
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu
Pendahuluan
-     Salam dan tegur sapa           -  merespon salam
-     Berdo’a                                 -  berdo’a bersama
                                                (religious)
-       Check attendance
-     Apersepsi  dan motivasi       -  Menjawab pertanyaan
5 menit
Inti
Fase 1 : Orientasi peserta didik kepada masalah.
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar dan kata pada (halaman 77)


-      Guru memberikan pertanyaan kepada murid tentang nama dan jumlah benda.











-       Guru memberikan contoh pengucapan nama dan
jumlah benda dengan benar.





Fase 2 :
-     Guru memotivasi siswa untuk bertanya tentang nama dan jumlah benda.
-   Guru memberikan penjelasan tentang penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).

Fase 3:
Mengorganisasikan peserta didik.
-     Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengamati gambar pada (halaman 78).
















Fase 4 :
Membantu penyelidikan mandiri.
-       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengamati dan membaca contoh  (halaman 79)




-     Guru memberikan tugas pada siswa untuk menyebutkan nama benda yang ada didalam tas siswa sesuai pada (halaman 79)




Fase 5 :
Membantu penyelidikan kelompok.
-   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
-  Guru  memberikan tugas kelompok kepada siswa dengan dengan mengerjakan (halaman 80).


Observing :
-    Siswa menyimak gambar pada halaman 77 yang memuat tentang nama dan jumlah benda.

-    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang mana sesuai  (halaman 77)

-    Siswa menjawab pertanyaan secara lisan.

-    Siswa menuliskan nama-nama benda yang ada didalam kelas dipapan tulis.

-    Siswa menirukan contoh-contoh  menyebutkan nama dan jumlah benda selam proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.

Questioning :
-   Siswa mempertanyakan tentang penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).


Explorating :


-    Siswa menuliskan daftar nama yang menyebutkan tempat yang ada disekolah beserta nama benda yang ada didalam ruangan.  (halaman 78).
-    Siswa membaca daftar tempat dan nama benda yang telah mereka tulis sesuai pada (halaman 78)

-    Siswa berlatih mempresentasikan hasil kerja didepan kelas.

Associating :


-       Siswa mengamati gambar dan contoh pada (halaman 79)
-       Siswa membaca contoh kata yang menyebutkan nama benda pada (halaman 79)
-    Siswa menyebutkan nama benda yang ada didalam tas siswa masing-masing sesuai ungkapan pada (halaman 79)
-    Siswa membaca hasil kerja.

Communicating :

-    Siswa membagi diri menjadi beberapa kelompok setiap kelompok terdiri dari 4 atau 5 siswa.

-    Siswa bekerjasama dengan kelompoknya  untuk mengerjakan (halaman 80).


60 menit
Penutup
-  guru bersama siswa              -  siswa melakukan refleksi
melakukan penilaian /              terhadap kegiatan yang     
refleksi terhadap kegiatan        sudah dilaksnakan.
yang  telah dilaksanakan.         Disiplin dan tanggung
                                                  jawab.
15 menit










H.    MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media pembelajaran :   -   buku paket
                                  
       2.   Sumber pembelajaran : Gunawan, dkk. Bahasa Inggris
 When English Rings The Bell, 2013 : Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta. Halaman : 77-80
                                                                                     
I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Proses  : 
a.       Penilaian knowledge
b.      Penilaian attitude
c.       Penilaian action
2.      Penilaian hasil.
  1.      Rubrik penilaian:
No
Nama Siswa
Aspek Sikap
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Tanggung jawab
Komunikasi baik












































































































No
Nama Siswa
Aspek Kemampuan Berbicara
Pengucapan
Intonasi
Kelancaran
Ketelitian





















































































Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Post a Comment