Saturday, October 21, 2017

RPP SMP kelas 7 "Things in the classroom"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                :    SMP NEGERI  KEDIRI
Kelas/Semester                       :    VII /1
Mata Pelajaran                      :    Bahasa Inggris
Materi Pokok                         :    Teks lisan dan tulis untuk  menyebutkan dan
                                                     menanyakan nama dan jumlah binatang, benda,
                                                     dan bangunan publik yang
                                                     dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
Topik                                      :    Jumlah benda ( Things in the classroom ).
Alokasi Waktu                       :     2  x  40 menit (2JP)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.      Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni , budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, menggurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percayadiri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksioanl dengan guru dan teman.
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.6 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan

nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.     INDIKATOR
                          
1.      Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab  dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Siswa menggunakan struktur teks yang  benar dengan percaya diri.
3.      Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
4.      Siswa menggunakan ungkapan dalam menyatakan dan menanyakan dengan santun.
5.      Siswa menyelesaikan semua penugasan tepat waktu dengan percaya diri dan penuh tanggung jawab
6.      Siswa terampil menanyakan nama dan jumlah benda.
7.      Siswa terampil menyatakan nama dan jumlah benda.

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
  
1.      Setelah diberi pemahaman tentang  menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda siswa jujur, percaya diri dan bertanggung jawab dalam mengungkapkan ungkapan Menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda
2.      Setelah diberi pemahaman tentang ungkapan m menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda, siswa dapat  mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan ungkapan menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda.
3.      Setelah diberi pemahaman tentang ungkapan menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda dan orang lain, siswa dapat  membuat teks tulis dan lisan  sederhana ungkapan menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda.
4.      Setelah diberi pemahaman tentang ungkapan menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda, siswa dapat menggunakan ungkapan menanyakan dan menyatakan nama dan jumlah benda dalam konteks kehidupan sehari-hari.

E.       MATERI AJAR
Fungsi sosial
  Mengenalkan, mengidentifikasi.
Struktur teks:
-       Benda yang dipaparkan
-       Ciri – cirinya termasuk apa  yang  ada didalamnya
ü  It’s my cricket.
ü  They are my cats. There are many fireflies in the farm., What is it?
ü  Are they your toys? Which one is your book?
ü  How many cows do you have?
ü  The hospital is near the post office.
ü  The police station is in the corner. dan semacamnya.
     Unsur kebahasaan:
(1)           Nama benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches, mosquitoes.
(2)           Nama bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
(3)           Kata tanya What?Which one? How many?
(4)           Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(5)           Kata ganti it, they, this, that, those, these.
(6)           Ungkapan There is/are..., Are there ...?
(7)           Kata kerja yang menunjuktindakanyang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
(8)           Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan  Ilmiah (scientific approach)
 ( Mengamati, menanya, mencoba , menalar ,membentuk  jejaring)
2.      Model          : PBL
3.      Metode        : Menjelaskan,  Tanya jawab, diskusi.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa

-       Apersepsi dan  motivasi
-       Penyampaian tujuan pembelajaran
-       Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan

Kegiatan Inti (60 menit)
Observing

-   Siswa mengamati gambar (dihalaman 77 )
-   Siswa menyebutkan nama – nama benda  yang ada di dalam gambar


Questioning

-        Siswa mempertanyakan tentang things in the classroom.

Explorating

-   Siswa mengamati benda-benda yang ada di dalam kelas dan menuliskanya di buku mereka masing-masing.
-   Siswa menuliskan jawaban mereka masing-masing ke depan papan tulis.
-   Siswa mengamati dan mendeskripsikan gambar yang ada pada ( halaman 79 )
-   Siswa menulis di buku tulis tentang  deskripsi gambar yang ada pada halaman 79.
-   Siswa mempresentasikan hasil pegamatanya dan mendeskripsikanya di depan kelas.
-   Siswa menuliskan benda-benda yang ada di dalam tas mereka masing-masing ke dalam bentuk kalimat di buku tulis.
-   Siswa menuliskan hasil pekerjaanya ke depan papan tulis dan membaca bersama-sama.

Associating

-   Siswa membaca bersama-sama tentang ungkapan menayakan jumlah benda. (halaman 81 )
-    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kalimat - kalimat yang ada pada halaman 81.

Communicating
-   Siswa membuat pertanyaan dan jawaban tentang benda yang ada di dalam kelas dan mendiskusikanya dengan teman sebangku.
-   Siswa menuliskan hasil diskusinya kedepan papan tulis.

Penutup (10 menit)
Refleksi
-   Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan
-   pembelajaran.
-   Siswa dan guru memberikan feedback terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-   Guru memberikan tugas mandiri kepada siswa.
-   Guru dan siswa memberi salam perpisahan.


H.    MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media pembelajaran :   -   buku paket
                                   -    worksheet   
       2.   Sumber pembelajaran : Gunawan, dkk. Bahasa Inggris :
                                                    When English Rings The Bell, 2013 : Politeknik Negeri Media Kreatif,                                 
                                                    Jakarta. Halaman : 41-49
                                      
I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Proses  : 
a.       Penilaian knowledge
b.      Penilaian attitude
c.       Penilaian action
2.      Penilaian hasil.
3.           Rubrik penilaian:
No
Nama Siswa
Aspek Sikap
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Tanggung jawab
Komunikasi baik















































































































No
Nama Siswa
Aspek Kemampuan Berbicara
Pengucapan
Intonasi
Kelancaran
Ketelitian


















































































Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Post a Comment