Good morning readers! Happy Sunday!!
Well, berikut adalah contoh RPP kurikulum
2013 mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI tentang Formal invitation
atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan undangan resmi. Untuk
referensi mengenai materi tentang invitation dapat di lihat pada link di
artikel berikut ini:
RPP XI : FORMAL INVITATION
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas
/ Semester : XI / -
Materi
Pokok : Undangan Resmi
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.4. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4.
Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5. Menyunting undangan resmi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
.
4.6. Menyusun teks
tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman.
3.4.
Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4
Siswa dapat menangkap makna teks undangan resmi.
4.5 Siswa dapat menyunting
undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Siswa
dapat menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
2.2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.4.
Siswa
dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4. Siswa dapat
menangkap makna
teks undangan resmi.
4.5.
Siswa dapat menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.
Siswa dapat menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks................................................................................................................................................................................